Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan konsep sekolah berkarakter religius,
dan implemetasi Total Quality Management (TQM) serta faktor pendukungan dan penghambat dalam membentuk sekolah berkarakter religius di SD Muhammadiyah 1 Margahayu Bandung. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif, yang bertempat di SD Muhammadiyah 1 Margahayu Bandung dilaksanakan pada September 2020 sampai Februari 2021. Subyek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 1 Margahayu Bandung, sedangkan informan adalah peserta didik, orang tua siswa, lulusan, pendidik, dan tenaga pendidik. Metode pengumpulan data dengan obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dengan model interaktif yang dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Konsep sekolah berkarakter religius di SD Muhammadiyah 1 Margahayu Bandung dengan capaian peserta didik berwawasan luas, insan pembaharu, berakhlak karimah dan tertib ibadah. 2) Implemetasi Total Quality Management (TQM) dalam membentuk sekolah berkarakter religius di SD Muhammadiyah 1 Margahayu Bandung yaitu dengan cara melakukan perbaikan secara terus menerus, menetapkan jaminan mutu dan standar mutu, menciptakan budaya sekolah, membentuk kerjasama tim, serta mempertahankan hubungan dengan pelanggan. 3) Faktor penghambat implemetasi TQM dalam membentuk sekolah berkarakter religius di SD Muhammadiyah 1 Margahayu Bandung adalah masalah sarana prasarana yaitu,
ruang kelas kurang memadai, ruang perpustakaan kurang representatif dan kurangnya media belajar berbasis teknologi informasi dan komunikasi. 4) Faktor pendukung implemetasi TQM dalam membentuk sekolah berkarakter religius di SD Muhammadiyah 1 Bandung adalah adanya komitmen SDM, sembur anggaran dana yang rutin, serta adanya partisipasi Dikdasmen Pimpinan Cabang Muhammadiyah Bandung Selatan Kabupaten Bandung.
|