| 
      Masalah utama dalam penelitian ini yaitu guru dalam mengembangkan pembelajaran masih kurang kreatif dan aktif serta masih kurangnya pemahaman guru mengenai pembelajaran berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) di SD Muhammadiyah 1 Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi administrasi perangkat pembelajaran guru meliputi silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada SD Muhammadiyah 1 Jakarta; dan Bagaimana implementasi STEM dalam pembelajaran IPA Sumber Energi pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekaan kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan mendapatkan data secara alami, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi administrasi perangkat pembelajaran guru meliputi silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada SD Muhammadiyah 1 Jakarta tidak berjalan dengan baik. Salah satu yang dapat mendukung terlaksananya dengan baik yakni hubungan atau kerja sama tim antar guru yang dibentuk dengan baik. (2) Implementasi STEM dalam pembelajaran IPA Sumber Energi pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Jakarta dengan mengembangkan perangkat pembelajaran dalam penyampaian kegiatan belajar menggunakan aplikasi Google Classroom, Google Form dan Zoom Meeting.
     |