Penelitian tesis ini bertujuan untuk mengetahui, mengidentifikasi, dan
menggambarkan Media Pembelajaran (X1) dan Kompetensi Pedagogik Guru (X2)
terhadap Efektivitas Pembelajaran (X3) di Sekolah Dasar Negeri Kelurahan
Cengkareng Barat. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan metode survey. Lokasi penelitian ini berada pada 15 Sekolah Dasar Negeri
yang terdapat di Kelurahan Cengkareng Barat. Populasi pada penelitian ini ialah
guru-guru yang terdapat dalam 1 kelurahan Cengkareng Barat, dengan Teknik
random sampling dan terpilih 15 Sekolah dan 188 guru. Kemudian dihitung
melalui rumus slovin sehingga didapatkan 128 guru sebagai sampel penelitian.
Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner, angket dan
dokumentasi.
Hasil penelitian adalah (1) terdapat pengaruh langsung positif Media
Pembelajaran (X1) terhadap Efektivitas Pembelajaran (X3) = 125,162 +
0,071X1 dan koefisien jalur ρ31 = 0,064. (2) terdapat pengaruh langsung positif
Kompetensi Pedagogik Guru (X2) terhadap Efektivitas Pembelajaran (X3) =
108,859 + 0,195 X2 dan koefisien jalur ρ32 = 0,028. (3) terdapat pengaruh
langsung Media Pembelajaran (X1) terhadap Kompetensi Pedagogik Guru (X2),
= 126,187 + 0,034 X1 dan koefisien jalur ρ21 = 0,064.
|