Abstrak  Kembali
Penelitian tesis ini bertujuan untuk mengetahui, mengidentifikasi, dan menggambarkan Media Pembelajaran (X1) dan Kompetensi Pedagogik Guru (X2) terhadap Efektivitas Pembelajaran (X3) di Sekolah Dasar Negeri Kelurahan Cengkareng Barat. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Lokasi penelitian ini berada pada 15 Sekolah Dasar Negeri yang terdapat di Kelurahan Cengkareng Barat. Populasi pada penelitian ini ialah guru-guru yang terdapat dalam 1 kelurahan Cengkareng Barat, dengan Teknik random sampling dan terpilih 15 Sekolah dan 188 guru. Kemudian dihitung melalui rumus slovin sehingga didapatkan 128 guru sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah (1) terdapat pengaruh langsung positif Media Pembelajaran (X1) terhadap Efektivitas Pembelajaran (X3) = 125,162 + 0,071X1 dan koefisien jalur ρ31 = 0,064. (2) terdapat pengaruh langsung positif Kompetensi Pedagogik Guru (X2) terhadap Efektivitas Pembelajaran (X3) = 108,859 + 0,195 X2 dan koefisien jalur ρ32 = 0,028. (3) terdapat pengaruh langsung Media Pembelajaran (X1) terhadap Kompetensi Pedagogik Guru (X2), = 126,187 + 0,034 X1 dan koefisien jalur ρ21 = 0,064.