Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk menilai konteks, input, proses, dan produk dalam pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah SD Muhammadiyah 10 Jakarta barat. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, sedangkan model yang digunakan adalah model CIPP, instrument penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa study dokumen, wawancara dengan 1 kepala sekolah dan 6 orang guru, serta observasi terhadap hasil supervisi. Untuk menguji keabsahan dan kevalidan data, peneliti menggunkan triangulasi dan kemudian membandingkan dengan standar evaluasi. Hasil evaluasi dapat disimpulkan sebagai berikut : 1). Kepala sekolah dalam melaksanakan perencanaan suvervisi sudah berdasarkan tujuan dan prinsip supervisi. 2). Kepala sekolah sudah melakukan supervisi berdasarkan prosedur yang telah ditetapkan. 3). Hasil supervisi sudah sesuai dengan yang diharapkan. 4). Pembinaan dan pelatihan yang diberikan kepada guru belum sepenuhnya diikuti oleh semua guru. Supervisi merupakan bagian dari peran kepala sekolah yang sangat penting dilakukan untuk meningkakan profesinalisme guru, karena supervisi bisa membantu guru dalam mengatasi permasalahan yang dialaminya. Dari hasil penelitian ini penulis merekomendasikan kepada kepala sekolah jika ingin meningkatkan keprofesionalisme guru terutama dalam hal kompetensi yang harus dimiliki oleh guru, maka kepala sekolah perlu memberikan metode supervisi dan bentuk pembinaan lain yang harus dilakukan. Kepala sekolah sudah baik dalam memberikan umpan balik terhadap hasil supervisi guru dengan cara berdiskusi serta memberikan informasi mengenai hasil supervisinya dan memeberikan solusi pemecahan masalah. Serta melakukan pembianaan secara berkelanjutan.