Tesis ini bertujuan untuk menilai konteks, input, proses, dan produk dalam
pelaksanaan program parenting yang dilakukan TK Islam Kinasih Kecamatan Pinang, Kota Tangerang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen.
Wawancara dilakukan kepada Ketua yayasan, kepala Sekolah, guru kelas serta
orang tua siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa TK Islam Kinasih
melaksanakan Program Parenting secara rutin, sesuai dengan kebutuhan dan sosialisasi program pembelajaran sekolah. Keberhasilan pelaksanaan program Parenting dikarenakan adanya kerja sama antara sekolah dan orang tua murid yang memiliki niat serta keinginan berubah kearah yang lebih baik dalam hal mendidik anak sehingga program parenting merupakan program yang cocok dan penting bagi perkembangan anak usia dini. Adapun guru sebagai pendidik perlu memaksimalkan kompetensinya dalam penguasaan IT guna mengoptimalkan program parenting yang dilakukan secara daring.
|