Tesis ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan Program Sertifikasi Siswa di Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pusat Pengembangan Kompetensi Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Kejuruan (PPKPTKK) Jakarta Pusat.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu metode untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati, meliputi pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara berstruktur, dan dokumentasi.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa uji sertifikasi kompetensi siswa meliputi pendaftaran, pelaksanaan dan sertifikasi.
Diharapkan dalam pelaksanaan uji sertifikasi kompetensi siswa sesuai dengan aturan-aturan yang ditetapkan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), mulai dari persiapan sampai dengan keluarnya sertifikat kompetensi. Sebab, jika pelaksanaan uji sertifikasi kompetensi siswa dilakukan sesuai aturan dari BNSP, akan meningkatkan mutu kompetensi siswa.
|