Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Program Teaching Factory Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 15 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Dengan menggunakan metode Kualitatif Deskriptif, Subyek utama dalam penelitian ini adalah Tenaga Pendidik Pengelola Teaching Factory dan Peserta didik Kompetensi Keahlian.
Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan bulan Juli hingga November 2019. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan Triangulasi Teknik dan Triangulasi Sumber. Hasil Penelitian ini menunjukkan implementasi program pembelajaran Teaching Factory di SMK Negeri 15 Jakarta Kompetensi Keahlian Pemasaran terlihat sangat baik. Hal ini terlihat dari hasil Evaluasi menujukkan bahwa : (a)
Komponen context yang mempunyai landasan-landasan yang sesuai dengan program teaching factory yang dikeluarkan oleh pemerintah, (b) Komponen input, sudah sangat sesuai, (c) Komponen Proses, Pelaksanaan Teaching Factory yang sudah sangat baik, (d) Kompenen Hasil, Peserta didik yang merupakan salah satu indikator keberhasilan yang sangat terlihat pada program Teaching Factory, karena peserta didik sudah sangat berpengalaman ketika nanti terjun langsung ke perusahaan.
|