Abstrak  Kembali
Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan dan tindak lanjut Program Uji Sertifikasi Kompetensi pada Bidang Keahlian Multimedia di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 6 Jakarta, pada bidang keahlian multimedia. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Deskriptif Evaluative Model CIPP (Context, Input, Process, Product). Sampel penelitian ini diambil dengan Teknik Purposive Sampling yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, pengawas, ketua LSP, ketua program multimedia, guru produktif multimedia, asesor kompetensi multimedia, dan Siswa jurusan Multimedia. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Evaluasi terhadap konteks (context) pada Implementasi Program USK pada aspek kondisi lingkungan tergolong tinggi, aspek ini meliputi (a) Visi, Misi dan Tujuan Sekolah, (b) Kebijakan tentang USK, 2) Evaluasi terhadap masukan (input) program USK tergolong sangat tinggi. Aspek Ini meliputi (a) ketersediaan sarana dan prasana, (b) sumber daya manusia, (c) perencanaan USK dan (d) panitia USK 3) Evaluasi terhadap proses (process) tergolong tinggi, aspek yang dinilai tentang pelaksanaan program USK dan 4) kemudian produk (product) yang didapatkan adalah berupa Sertifikat Kompetensi.