Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan implementasi kurikulum pada masa pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Peninggilan 3, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dilihat dari evaluasi konteks, input, proses, dan produk, serta Surat Edaran Menteri Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Kualitatif deskriptif dan evaluasi CIPP (Context, Input, Process, dan product). Implementasi kurikulum pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 dikembangkan mengacu pada kurikulum nasional yang pelaksanaannya dilakukan secara online melalui google classroom, google meet, zoom meeting, dan whatsapp group yang dideskripsikan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kesulitan dan kendala dalam mengimpelentasi kurikulum pembelajaran pada guru di masa pandemi Covid-19, dapat diatasi dengan mengikuti pelatihan dalam bidang Informasi dan Teknologi, seperti: membuat media video, model, dan metode pembelajaran yang sesuai dengan masa pandemi Covid-19, sehingga guru dapat membuat sendiri video pembelajaran sesuai dengan karakter siswa dan menghilangkan kejenuhan siswa dalam proses PJJ. PJJ jelas membawa dampak positif dan negatif bagi siswa, oleh karena itu diperlukan pendampingan dan peran serta orang tua, terutama pada penguasaan disiplin ilmu, ketegasan dalam mengontrol dan menggunakan gadget anak di rumah, serta komunikasi yang baik antara guru dan orang tua.
|