Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi mengenai implementasi program pendidikan karakter daring di SD Nizamia Andalusia Jakarta Timur. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif untuk mengetahui bagaimana program tersebut diimplementasikan, sejauhmana terlaksananya program dan ketercapaian tujuan program. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, school quality assurance, guru kelas pengampu program, peserta didik serta orang tua peserta didik. Temuan hasil evaluasi antara lain evaluasi konteks meliputi tujuan diadakannya program pendidikan karakter yang sudah sesuai dengan visi dan misi sekolah yaitu menyelenggarakan pendidikan berkualitas untuk membangun kecerdasan dan karakter peserta didik dengan semangat kebangsaan dan universalisme; evaluasi input meliputi kurikulum program yang merupakan implementasi dari kurikulum darurat yang ditetapkan oleh pemerintah, serta kemampuan peserta didik dan kompetensi guru yang beragam yang perlu ditingkatkan; evaluasi proses meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian program dimana diperlukan pendalaman lebih lanjut pada sistem penilaian guna menghindari terjadinya bias penilaian oleh guru; evaluasi produk meliputi hasil dan dampak program pendidikan karakter daring bagi sekolah, guru, peserta didik dan orang tua peserta didik. Implikasi bagi sekolah dengan adanya program ini antara lain meningkatnya nilai sekolah (school value), mutu pendidikan yang diselenggarakan dan tingkat kepercayaan masyarakat, peserta didik dengan kepribadian dan karakter terpuji, guru yang termotivasi untuk selalu meningkatkan kompetensinya dan orang tua peserta didik yang merasa nyaman menyekolahkan anak-anaknya di sekolah ini meskipun pembelajaran masih dilakukan secara daring. Hal ini terjadi karena sekolah terbukti tidak hanya memfokuskan diri terhadap perkembangan ranah akademik namun juga non akademik peserta didik.