Abstrak  Kembali
Penelitian ini dilakukan dengan memperhatikan 4 tahapan capacity building dalam hubungannya dengan peningkatan kinerja guru di SMP NIzamia Andalusia yakni persiapan, perencanaan, implementasi dan evaluasi pelaksanaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain case study. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan analisis Milles dan Huberman, yaitu reduksi data, sajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) persiapan dan analisis telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan indikator-indikator terkait (2) perencanaan dilakukan dengan mencantumkan perencanaan capacity building dalam RKAS SMP Nizamia Andalusia dan kepala sekolah menyusun rencana dengan skala prioritas berdasarkan kondisi pandemi yang masih terjadi (3) implementasi dilakukan dengan baik dan efektif. Dengan memperhatikan tingkat partisipasi guru, motivasi dan komitmen guru, keterlibatan guru dan stake holder serta adanya sistem monitoring kegiatan capacity building dan (4) evaluasi pelaksanaan menunjukkan adanya peningkatan kinerja guru pada masa pandemi Covid 19 yang ditunjukkan dengan meningkatnya keterampilan penguasaan media pembelajaran guru, keterampilan pengelolaan kelas yang lebih baik, dan kemampuan menyajikan metode pembelajaran jarak jauh yang lebih banyak, yang didukung oleh hasil supervisi observasi guru yang menunjukkan nilai performance yang baik.