Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh Kepemimpinan Partisipatif
Kepala Sekolah (X1) dan Komitmen Organisasi (X2) terhadap Kinerja Guru (X3).
Hipotesis yang diuji adalah (1) terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan partisipatif kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) terdapat pengaruh langsung positif komitmen organisasi terhadap kinerja guru, (3) terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan partisipatif kepala sekolah terhadap komitmen organisasi. Populasi yang dipilih adalah dengan teknik random sampling dari 7 sekolah yang terdiri dari 148 guru. Kemudian dihitung dengan rumus Slovin maka diperoleh 108 guru sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen kuesioner dengan metode survei, instrumen dibuat dengan menggunakan skala model Likert. Kemudian instrumen dikalibrasi dengan menggunakan uji validasi butir dan
koefisien reliabilitas dengan rumus Alpha Croanbach. Persyaratan analisis data diuji dengan normalitas Kolmogorov Smirnov (Liliefors). Analisis data dengan menggunakan teknik regresi sederhana dan uji linearitas dan akhirnya dengan analisis jalur. Hasil penelitian adalah pertama terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan partisipatif kepala sekolah (X1) terhadap kinerja guru (X3) dengan persamaan regresi = 60,349 + 0,631 X1, koefisien korelasi 0,656 dan koefiisen jalur ρ31 = 0,339 pada α = 0,05 dengan koefisien determinasi sebesar r2 13 = 0,430. Kedua terdapat pengaruh langsung positif komitmen organisasi (X2) terhadap kinerja guru (X3) dengan persamaan regresi = 59,434 + 0,674 X2 koefisien korelasi 0,680 dan koefisien jalur ρ32 = 0,431 pada α = 0,05 dengan koefien determinasi sebesar r2 23 = 0,462. Ketiga terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan partisipatif kepala sekolah (X1) terhadap komitmen organisasi (X2) dengan persamaan regresi = 25,427 + 0,716 X1, koefisien korelasi 0,737 dan koefisien jalur ρ21 = 0,737 pada α = 0,05 dengan koefien determinasi sebesar r2 12 = 0,543.
|