Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program pembelajaran tahfiz al quran siswa SMP Ibnu Hajar Boarding School Cipayung, Jakarta Timur (ditinjau dari Context, Input, Process dan Product). Kajian penelitianya dilatarbelakangi oleh pentingnya evaluasi pada suatu program untuk menghasilkan informasi yang baik dan tepat dalam memberikan tindak lanjut perbaikan pada program. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dengan menggunakan pendekatan model evaluasi context, input, process, dan product (CIPP). Data diperoleh dengan wawancara kepada key informan Kepala sekolah, waka, koordinator tahfiz, sarpras, orang tua dan siswa , kemudian dengan cara observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara mereduksi data, setelah itu disajikan dalam bentuk deskripsi , dan diverifikasi dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) hasil evaluasi dari context program tahfizh Al quran di SMP Ibnu Hajar Boarding School menunjukkkan bahwa program ini memiliki tujuan dan perencanaan yang jelas. 2) hasil evaluasi input program tahfiz ini bahwasanya kompetensi dari guru perlu ditingkatkan, sedangkan dari peserta didik minat untuk menghafal quran masih perlu dimotivasi yang lebih. Selain itu program ini didukung dengan Sarana Prasarana yang baik dari masjid, kelas dan sarana lainya, terlebih didukung dengan adanya buku catatan progress hafalan siswa. 3) hasil evaluasi process program tahfizh quran ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran hafalan quran ini berjalan lancer dengan menggunakan metode talaqqi sabaq, sabqi dan manzil, dan yang menjadi kendala disini adalah kurangnya waktu dan kurangnya perhatian guru dalam memotivasi peserta didiknya. 4) hasil evaluasi product /hasil menunjukkan bahwa pencapain target hafalan peserta didiktidak berjalan sesuai target, 71 % dari 335 siswa yang mencapai target hafalanya sesuai yang dicanangkan oleh sekolah, serta sekolah akan memberikan ijazah kepada siswa yang lulus dengan syarat mengikuti bimbingan dari guru tahfiz yang ditunjuk. Rekomendasi terhadap evaluasi program ini adalah dapat dilanjutkan dengan perbaikan sesuai evaluasi CIPP, yaitu : 1) komponen konteks, agar dilakukannya sosialisasi visi, misi, tujuan, target, dan SOP program tahfidz Al-Qur’an kepada semua civitas akademika; 2) komponen input, agar direkrut Sumber Daya Manusia yang mempunyai kompetensi di bidang Al-Qur-an, pengadaan dan perawatan sarana prasarana, serta mengadakan kegiatan kajian-kajian Al-Qur’an; 3) komponen proses, agar diadakannya program peningkatan kompetensi guru pengajar tahfidz Al-Qur’an; dan 4) komponen produk, agar diadakan atau dikuatkan program muraja’ah.