Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan evaluasi implementasi program peningkatan pedagogik guru di Sekolah Lebah Madu dengan menggunakan model CIPP. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana evaluasi terhadap konteks dalam program peningkatan pedagogik guru di Sekolah Lebah Madu? 2) Bagaimana evaluasi terhadap masukan dalam program peningkatan pedagogik guru di Sekolah Lebah Madu? 3) Bagaimana evaluasi terhadap proses dalam program peningkatan pedagogik guru di Sekolah Lebah Madu? Bagaimana evaluasi terhadap hasil dalam program peningkatan pedagogik guru di Sekolah Lebah Madu? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, kepala program, wali kelas, dan guru semua tingkat. Kelompok Bermain, TK A dan TK B. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Sekolah Lebah Madu menjalankan Permen No. 16 sebagai standar kompetensi pedagogik guru yang diterima melalui program-program peningkatan pedagogik guru. 2) Nara sumber, guru, pembiayaan dan sarana prasarana untuk menjalankan program peningkatan kompetensi pedagogik guru-guru tersedia dan sudah digunakan untuk kegiatan program-program tersebut. 3) Evaluasi peningkatan pelatihan pedagogik guru dilakukan per semester dan per tahun dengan menjadikan hasil evaluasi bahan pertimbangan untuk kegiatan pelatihan peningkatan kemampuan pedagogik guru di tahun berikutnya. 4) Produk akhir kegiatan ini berupa lulusan yang lulus mencerminkan visi misi sekolah dan menjadi bukti program pedagogik berjalan baik.