Abstrak  Kembali
ABSTRAK Martini. Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi Dengan Motivasi Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri Se-Wilayah V di Kecamatan Cilincing Jakarta Utara. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2012. Tesis ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai hubungan gaya kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi dengan motivasi kerja guru Sekolah Dasar Negeri Se-Wilayah V di Kecamatan Cilincing Jakarta Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SD Negeri Se-Wilayah V di Kecamatan Cilincing yang berstatus PNS sebanyak 128 orang dari 15 sekolah pada tahun ajaran 2012/2013. Sampel penelitian ditetapkan sebanyak 97 orang dan sampel ujicoba instrument sebanyak 30 orang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik pengambilan sampel secara proporsional (Proportionate Stratified Random Sampling). Teknik pengambilan data menggunakan instrumen berbentuk kuesioner dengan pengukuran menggunakan skala Likert. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data meliputi demografi responden, deskripsi data, pengujian persyaratan analisis dan pengujian hipotesis. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi, uji regresi, dan uji signifikansi koefisien korelasi (uji t dan uji F) pada taraf signifikansi (?) 0,05. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan (1) Terdapat hubungan positif antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan motivasi kerja guru SD Negeri Se-Wilayah V Kecamatan Cilincing Jakarta Utara. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,639 dan nilai thitung (8,090) lebih besar dari ttabel (1,985). (2) Terdapat hubungan positif antara iklim organisasi dengan motivasi kerja guru SD Negeri Se-Wilayah V Kecamatan Cilincing Jakarta Utara. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,688 dan nilai thitung (9,253) lebih besar dari ttabel (1,985). (3) Terdapat hubungan positif antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi secara bersama-sama dengan motivasi kerja guru SD Negeri Se-Wilayah V Kecamatan Cilincing Jakarta Utara. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi ganda (R) sebesar 0,729 dan nilai Fhitung (53,332) lebih besar dari Ftabel (3,094). Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat hubungan positif antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama dengan motivasi kerja guru. Hal ini berimplikasi pada perlunya upaya meningkatkan motivasi kerja guru melalui peningkatan gaya kepemimpinan kepala sekolah dan perbaikan iklim organisasi. Oleh karena itu disarankan kepala sekolah berusaha untuk lebih dapat membangun motivasi kerja guru dengan memberikan pengaruh yang positif melalui kepemimpinannya dan menciptakan iklim organisasi sekolah yang kondusif. Selain itu guru harus selalu meningkatkan motivasinya khususnya dalam bekerja karena dengan adanya motivasi yang tinggi, bekerja akan terasa menyenangkan dan dapat mencapai tujuan pendidikan. Untuk penelitian selanjutnya perlu diperhatikan juga faktor-faktor lain yang terkait dengan motivasi kerja guru antara lain penghasilan, status, hubungan kerja, komunikasi interpersonal, kebijaksanaan, prestasi, penghargaan, promosi dan kondisi pekerjaan.