Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menguji pengaruh 1)
pelayanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa, 2) kinerja staf akademik terhadap kepuasam mahasiswa, dan 3) pelayanan terhadap kinerja staf akademik di Sekolah Pascasarjana UHAMKA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi target dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa aktif program studi Administrasi Pendidikan dengan jumlah 371 mahasiswa. Sampel penelitian
sebanyak 193 yang ditentukan menggunakan rumus Slovin dengan metode simple random sampling (sampel acak sederhana). Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel pelayanan akademik berpengaruh langsung terhadap kepuasan mahasiswa dengan nilai jalur pengaruh sebesar 0,741 dan
koefisisen determinasi sebesar 0,549 atau 54,9%. Semakin baik pelayanan akademik maka kepuasan mahasiswa akan semakin meningkat. Variabel kinerja staf akademik berpengaruh langsung terhadap kepuasan mahasiswa dengan nilai jalur pengaruh sebesar 0,544 dan koefisien determinasi sebesar 0,296 atau 29,6%. Apabila kinerja akademik baik maka mahasiswa akan semakin puas. Variabel pelayanan berpengaruh langsung terhadap kinerja staf akademik dengan nilai jalur pengaruh sebesar 0,569 dan koefisien determinasi
sebesar 0,324 atau 32,4%. Jika pelayanan akademik melebihi harapan mahasiswa maka kinerja staf akan mengalami peningkatan.
|