Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru dalam menyusun rencana pembelajaran dan bisa di implementasikan pembelajaran dengan denga menggunakan metode tematik terpadu dan media belajar seperti bahan peraga atau perangkat peraga lainya yang sesuai dengan kurikulum 2013 di SDN Sumur Batu 14 Pagi. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif analisis deskriptif yaitu mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara berstruktur dan dokumentasi. penelitian yang berlandasan pada filsafat post positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, (sebagai lawannya eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci, pengambilan sample sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknink pengumpulan data dengan trianggulasi( gabungan), dan data bersifat induktif atau kualitatif. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru–guru pada dasarnaya belum siap melaksanakan kurikulum 2013 di lihat dari segi perangkat pembelajaran yang di buat oleh guru seperti RPP,sehingga proses kegiatan belajar mengajar belum maksimal sesuai dengan kurikulum 2013 karena masih banyak guru yang membuat RPP seadanya bahkan tidak memakai RPP yang sesuai dengan kurikulum 2013 sehingga progam pemerintah belum maksimal di laksanakan oleh para guru-guru,kemudian dalam hal implementasi kurikulum 2013 guru-guru belum siap dalam hal menggunakan metode pembelajarn tematik terpadu dan sangat kurang dalam hal perangakat peraga atau bahan peraga seperti infokus atau audio visual sehingga proses kegiatan belajar kurang maksimal terhadap guru dan peserta didik karena kurangnya kesiapan guru dalam melaksanakan kurikulum 2013.