Tesis ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis perencanaan pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus oleh guru dan pihak sekolah, menganalisa pelaksanaan pembelajaran untuk ABK oleh guru, dan mengetahui layanan kurikulum kepada anak berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar Swasta Pelita Bangsa Global Islamic School Pamulang Tangerang Selatan.
Metode yang di gunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode Kualitatif yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah, dirancang dan di laksanakan berdasarkan asumsi bahwa fenomena tersebut bukan dari perspektif peneliti, meliputi pengumpulan data dan menggunakan observasi, wawancara berstruktur dan dokumentasi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
analisis manajemen layanan pendidikan inklusif pada anak berkebutuhan khusus mengenai sarana dan prasarana yang di berikan, cara guru menghadapi anak berkebutuhan khusus dengan berbagai kesulitan, penggunaan Kurikulum, Pembiayaan, pemanfaatan fasilitas yang di sediakan
seperti GPK (Guru Pendamping Khusus), dan peningkatan jumlah murid yang sekolah. Kegiatan analisis data akan terus dilakukan sampai kegiatan yang berlangsung di lapangan selesai. Langkah selanjuntnya adalah menarik kesimpulan berdasarkan hasil analisis data yang berasal dari pengamatan, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Anak
berkebutuhan khusus menggunakan kurikulum nasional yang di modifikasi dalam bentuk RPP, silabus, KKM, indikator, dan penilaian. Semua komponen tersebut disesuaikan dengan kemampuan yang di ukur dari metode PVT (Penyelarasan Vestibular Praktik) yang telah diberikan. Dengan demikian, dapat disarankan hal-hal sebagai berikut: Guru harus lebih kreatif dan
bervariasi dalam memberikan materi, sehingga siswa dapat mengikuti pelajaran dengan lebih semangat serta materi yang disampaikan akan lebih mudah di pahami oleh siswa, dan efektivitas harus lebih ditanamkan kepada semua warga sekolah.
|