Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi peran tenaga pendidik dalam meningkatkan kualitas pelayanan sekolah dengan fokus pelayanan tenaga pendidik kepada peserta didik dan orang tua peserta didik. Adapun sasarannya adalah SDN Baru 01 Pagi Cijantung Jakarta Timur. Penelitian evaluatif dengan menggunakan model evaluasi CIPP ini terlaksana sejak Januari sampai Mei 2021, melibatkan 11 orang tenaga pendidik dan 106 responden yang merupakan orang tua peserta didik yang ditentukan secara Purposive Sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui studi dokumentasi, observasi, kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pada evaluasi konteks, regulasi terkait dengan tenaga pendidik dan pelayanan pendidikan, regulasi perangkat akreditasi, serta visi, misi, dan tujuan sekolah sudah ada; (2) Pada evaluasi input, tenaga pendidik sudah memiliki kualifikasi sebagai tenaga pendidik, tenaga pendidik menggunakan kurikulum 2013, waktu pelaksanaan proses belajar mengajar sudah memenuhi syarat efektivitas pembelajaran, tenaga pendidik sudah menggunakan teknologi informasi terkini, tenaga pendidik sudah menggunakan sumber belajar/buku yang telah ditetapkan, dan sekolah memiliki sarana prasarana yang layak untuk pelayanan pendidikan dan juga memfasilitasi program ekstrakurikuler; (3) Pada evaluasi proses, tidak ada perbedaan yang signifikan antara harapan orang tua peserta didik terhadap pelayanan tenaga pendidik baik pada saat sebelum pandemi COVID-19 maupun pada saat pandemi COVID-19, dan pada saat pandemi COVID-19 kinerja tenaga pendidik lebih rendah dibandingkan ketika sebelum pandemi COVID-19 baik pada dimensi kualitas pelayanan maupun pada dimensi kompetensi tenaga pendidik; (4) Pada evaluasi hasil, diperoleh hasil tingkat kepuasan orang tua peserta didik baik pada dimensi kualitas pelayanan sebesar 86.40% maupun pada dimensi kompetensi tenaga pendidik sebesar 86.18%. Ini menunjukkan kualitas pelayanan tenaga pendidik sangat memuaskan. Namun demikian, masih ada tenaga pendidik yang perannya belum optimal dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Strategi yang harus dilakukan adalah tenaga pendidik harus memperbaiki kualitas dalam proses belajar mengajar dan harus meningkatkan kualitas pelayanan dengan meningkatkan dimensi kualitas pelayanan dan kompetensinya secara keseluruhan melalui pelatihan, pendidikan, dan bimbingan teknis.