Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program sertifikasi kompetensi kerja di LSP-P1 SMK Negeri 8 Jakarta. Metode penelitian kualitatif deskriptif dengan model CIPP. Sumber informan terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Pengurus LSP-P1, Sub Koordinator Bagian Lisensi BNSP dan Peserta Uji/Asesi. Penelitian menggunakan metode wawancara terstruktur, observasi partisipasi aktif dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut : 1) Pada aspek konteks sudah menjalankan kebijakan pemerintah mengenai pedoman pelaksanaan sertifikasi kompetensi. 2) Pada aspek input pada komponen sarana dan prasarana masih belum memenuhi standar penggunaan alat yang bermasalah dalam segi teknis penggunaan alat. Kemudian pada komponen pembiayaan, waktu proses pencairan dana program sertifikasi kompetensi kerja siswa SMK melalui APBD Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta tidak sesuai dengan waktu pelaksanaan sertifikasi kompetensi kerja. 3) Pada aspek proses masih melaksanakan program sertifikasi kompetensi kerja dilakuan secara manual, sebaiknya sudah dilakukan secara digitalisasi dan memiliki website resmi yang bisa diakses dan terkolaborasi dengan lembaga yang saling berkaitan. 4) Pada aspek produk sudah melaksanakan bentuk pelaporan secara digital melalui WEB BNSP dan sudah memberikan hak bagi peserta sertifikasi kompetensi kerja/asesi (peserta didik) yang kompeten atuapun belum kompeten.