Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan capaian program pendidikan
karakter dalam pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), ekstrakurikuler
dan kegiatan penerapan program pembudayaan pendidikan karakter di SMP
Muhammadiyah 14 Jakarta.Penelitian ini menggunakan model CIPP (Context,
Input, Process, dan Product) sebagai alat melakukan evaluasi. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif. Pengumpulan data pada proses
evaluasi yaitu wawancara, observasi, studi dokumen, dan angket. Teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, wali kelas, pendidik/guru, peserta didik kelas VII, VIII dan IX serta 9 perwakilan wali murid dari kelas VII, VIII dan IX. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pendidikan karakter telah mencapai hasil yang sangat baik dilaksanakan oleh warga sekolah. Diantaranya pada tahapan konteks (context) rerata ketercapaian terdapat 80,49% dalam kategori tinggi, pada tahapan masukan (input) terdapat 79,6% dalam kategori tinggi, pada tahapan proses (process) terdapat 85,2% dalam kategori tinggi, dantahapan hasil (product) terdapat 81,70% dalam kategori tinggi. Secara keseluruhan program pendidikan karakter telah memenuhi standar kriteria, namun terdapat beberapa fokus yang perlu ditingkatan diantaranya, 1) Kepala sekolah untuk membuat SK tim pelaksana tugas pendidikan karakter, 2) Guru untuk lebih meningkatkan penerapan nilai-nilai karakter dalam kegiatan keseharian di sekolah, 3) Peserta didik menjalankan program pendidikan karakter yang diadakan di sekolah dengan baik dan berpartisipasi aktif, 4) Orang tua
memberikan perhatian khusus kepada anaknya dengan mendidik melalui
pembiasaan bersikap dan berperilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari.
|