Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi pendidikan karakter dalam budaya sekolah di Sekolah Dasar Muhammadiyah 22 Jakarta Utara. Sedangkan secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh informasi mengenai : 1. Penyempurnaan pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah 2. Penumbuhkembangan pendidikan karakter dalam budaya sekolah di sekolah Metode yang digunakan adalah Metode Kualitatif Deskriptif yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara terbuka dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, guru-guru, orang tua peserta didik dan peserta didik SD Muhammadiyah 22 Jakarta Utara. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran warga sekolah dalam pelaksanaan pendidikan karakter dalam budaya sekolah adalah : a. Mengadakan sosialisasi kepada pendidik sekolah tentang implementasi pendidikan karakter dalam budaya sekolah; b. Mendukung kegiatan terkait implementasi pendidikan karakter yang diadakan oleh sekolah maupun lembaga pendidikan ; c. Bekerjasama dengan komite sekolah dan orang tua siswa dalam pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah; d. Memberikan fasilitas berupa sarana dan prasarana dalam mewujudkan pendidikan karakter. Peran warga sekolah SD Muhammadiyah 22 Jakarta Utara dalam pelaksanaan pendidikan karakter dalam budaya sekolah sudah cukup baik. Namun masih ada yang perlu diperhatikan yaitu perlu adanya Musholla sekolah untuk kegiatan ibadah dan dakwah sekolah. Penelitian ini memilih populasi hanya satu sekolah.