Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tentang pelaksanaan program gerakan literasi di Sekolah Dasar Negeri Lagoa 02 Jakarta Utara. Sedangkan secara khusus penelitian ini bertujuan untuk :
1. Mengetahui sejauh mana kesesuaian rencana pelaksanaan Gerakan literasi yang telah disusun dengan standar yang ditetapkan di Sekolah Dasar Negeri Lagoa 02.
2. Mengetahui sejauh mana implementasi program Gerakan literasi di Sekolah Dasar Negeri Lagoa 02 telah mencapai sasaran
3. Mendeskripsikan hambatan dalam penyusunan kegiatan literasi di Sekolah Dasar Negeri Lagoa 02
4. Mengetahui strategi mencapai standar rencana pelaksanaan kegiatan literasi di SD Negeri Lagoa 02
Metode yang digunakan adalah Metode Kualitatif deskriptif yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara terbuka dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, guru-guru, karyawan, dan peserta didik Sekolah Dasar Negeri Lagoa 02 dengan model penelitian ketimpangan Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan Gerakan literasi di Sekolah Dasar Negeri Lagoa 02 telah sesuai dengan standar yang ditetapkan, Pelaksanaan Program Gerakan
Literasi di Sekolah Dasar Negeri Lagoa 02 cukup mencapai sasaran yaitu warga sekolah, Hambatan yang dihadapi guru kelas di Sekolah Dasar Negeri Lagoa 02 adalah dalam kurangnya koleksi buku, belum adanya ruang perpustakaan, dan tim literasi sekolah, Strategi yang dilakukan guru Sekolah Dasar Negeri lagoa 02 agar kegiatan literasi yang disusun sesuai dengan standar adalah dengan memasukkan kegiatan literasi dalam penilaian akademik dan non akademik, serta dengan adannya penghargaan berupa hadiah dari sekolah, dukungan sekolah, dalam hal ini pihak sekolah telah mengupayakan dana sendiri. Penelitian ini memilih populasi hanya satu sekolah.
|