Abstrak  Kembali
ABSTRAK Mokhamad Maarif, 2012, Evaluasi Pelaksanaan Program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 28 Jakarta. Tesis, Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta. R-SMA-BI merupakan program pemerintah di bidang pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia agar mempunyai daya saing pada taraf internasional. SMA Negeri 28 Jakarta sejak tahun pelajaran 2008/2009 telah ditunjuk oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta melalui SK Kepala Dinas Pendidikan Menengah dan Tinggi Provinsi DKI Jakarta nomor : 2306/-1.851.61, sebagai salah satu sekolah yang menyelenggarakan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Banyak hal yang sudah dilakukan oleh SMA Negeri 28 Jakarta untuk memenuhi standar RSBI, yang meliputi : peningkatan pemenuhan standar pengelolaan, peningkatan pemenuhan standar pengembangan kurikulum, peningkatan pemenuhan standar kompetensi lulusan, peningkatan pemenuhan standar layanan proses pembelajaran, peningkatan pemenuhan standar penilaian, peningkatan pemenuhan peningkatan standar pendidikan dan tenaga kependidikan, peningkatan pemenuhan standar srana prasarana, serta peningkatan pemenuhan standar pembiayaan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di SMA Negeri 28 Jakarta, (2) untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi sekolah dalam pelaksanaan program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional di SMA Negeri 28 Jakarta, (3) untuk mengetahui strategi-strategi yang digunakan sekolah dalam melaksanakan program Rintisan Sekolah Bertaraf Internsional di SMA Negeri 28 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 28 Jakarta, metode yang digunakan adalah metode campuran dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan rancang studi kasus, teknik pengumpulan data meliputi (1) wawancara, (2) observasi, dan (3) studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) banyak perubahan yang telah dilakukan oleh sekolah, meliputi : perubahan visi-misi yang bercirikan keunggulan, pengembangan kurikulum yang mengarah pada peningkatan mutu pendidikan bertaraf internasional, pengembangan penilaian yang berbasis kompetensi, pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang diarahkan pada peningkatan kompetensi guru untuk menguasai pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dan bahasa inggris dalam pembelajaran, pemberian bantuan terhadap guru yang melanjutkan pendidikan pada jenjang S2, serta pengembangan sarana prasarana belajar yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi, (2) ketercapaian standar R-SMA-BI sampai saat ini mencapai 91,8%, (3) hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan program RSBI antara lain : sumber daya manusia yang masih rendah dan fasilitas pendidikan yang kurang memadai, (4) strategi-strategi yang dilakukan untuk mempercepat pencapaian pelaksanaan program RSBI ada 3, yaitu : (a) seluruh aktivitas pendidikan di SMA Negeri 28 Jakarta berpusat pada Visi dan Misi sekolah, (b) peningkatan manajemen mutu pengelolaan sekolah, dan (c) peningkatan manajemen mutu pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, saran-saran yang dapat diajukan yaitu: (1) Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta agar terus memberikan dukungan dengan kebijakan-kebijakan yang dapat meningkatkan keberhasilan pelaksanaan program RSBI, (2) Peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang meliputi pendidik dan tenaga kependidikan secara berkelanjutan, (3) Peningkatan fasilitas belajar mengajar yang lebih memadai dan berbasis perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, (4) Mengoptimalkan peran serta masyarakat melalui Komite Sekolah pada setiap pelaksanaan program sekolah.