Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi konteks, masukan, proses, dan produk dalam pelaksanaan kegiatan hizbul wathan di SMA Muhammadiyah 1 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, kuesioner dan analisa dokumen. Analisa data menggunakan Model Alir dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aspek context (konteks) sudah baik, namun belum terdapat pedoman pelaksanaan kegiatan dan kurikulum ekstrakurikuler hizbul wathan sebagai dasar pelaksanaan program kegiatan hizbul wathan; (2) aspek input (masukan) cukup baik, masih terdapat kualifikasi pembina belum sesuai, penggunaan metode sudah bervariasi namun dalam penyampaian materi pembina kurang menguasai, sarana prasarana kegiatan di lapangan masih belum optimal; (3) aspek process (proses) cukup baik, dalam materi kegiatan tertentu penggunaan perlengkapan latihan di lapangan masih terdapat kekurangan karena jumlahnya yang terbatas, dalam proses kegiatan terlihat antusias peserta yang menurun dan terdapat juga beberapa siswa yang kurang disiplin dalam mengikuti kegiatan hizbul wathan; (4) aspek product (produk) sudah sangat baik, namun dalam hal ini peneliti tidak dapat melihat apakah terwujudnya pendidikan karakter peserta didik juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari atau tidak. Selain itu, Hasil evaluasi program kegiatan hizbul wathan di SMA Muhammadiyah 1 Jakarta dalam mewujudkan pendidikan karakter dengan menggunakan model evaluasi CIPP secara keseluruhan terlaksana dengan baik, tetapi masih perlu beberapa perbaikan terkait kegiatan guna menghasilkan karakter peserta didik yang berkompeten dan profesional.