Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana urgensi pembelajaran kewarganegaraan dalam pembentukan karakater siswa di SMP Al-Hikmah kecamatan Mampang Prapatan serta strategi implementasi pembentukan karakter dalam pembelajaran kewarganegaraan di kehidupan siswa kelas IX SMP Al-Hikmah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2019 sampai dengan Januari 2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi; wawancara, observasi atau pengamatan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif model interaktif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian dapat disimpulkan Urgensi pembelajaran kewarganegaraan sebagai upaya pembentukan karakter siswa SMP Al-Hikmah sangat penting karena sudah cukup baik dan terbina dengan baik setelah diberlakukan kultur sekolah. Bukan saja pada materi pelajaran tapi juga catatan perkembangan prilaku sehari-hari dan setiap bulan rapat evaluasi perkembangan karakter siswa. Selain itu gambaran pentingnya pembentukan karakter yang terlihat dari pihak guru dan kepala sekolah, dalam hal prilaku mereka memberikan contoh yang baik terlihat dari cara berpakaian yang rapi dan menutup aurat serta pemakaian seragam sesuai dengan hari yang telah sekolah tentukan. Strategi Implementasi dalam pembentukan karakter siswa SMP Al-Hikmah di kehidupannya terlaksana dengan baik karena menggunakan strategi sistem sanksi berupa setoran hafalan dan membaca Al-Matsurat untuk mendisiplikan, menegur, memberikan himbauan serta mencontohkan dan membiasakan sikap santun datang tepat waktu. Kesiapan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran harus mempunyai kompetensi dan tanggung jawab karena guru harus melakukan ekplorasi, elaborasi dengan menggunakan metode tanya jawab dan diskusi kelompok. Dan pelaksanaan pendidikan karakter dengan pembiasaan diri disekolah berbasis lingkungan sekitar siswa.