Abstrak  Kembali
ABSTRAK IKO SEPTO NUGROHO. Hubungan antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah dengan Kinerja Guru Di SD Negeri Di Kecamatan Cipete Utara Jakarta Selatan. Tesis. Jakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah dengan kinerja guru di SD Negeri Di Kecamatan Cipete Utara Jakarta Selatan. Hipotesis yang diuji adalah 1) Terdapat hubungan positif antara Gaya Keapemimpinan Kepala Sekolah dengan kinerja guru di SD Negeri Di Kecamatan Cipete Utara Jakarta Selatan. 2) Terdapat hubungan positif antara budaya sekolah dengan kinerja guru di SD Negeri Di Kecamatan Cipete Utara Jakarta Selatan. 3) Terdapat hubungan positif antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya secara bersama-sama terhadap kinerja guru sekolah di SD Negeri Di Kecamatan Cipete Utara Jakarta Selatan. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner model skala Likert dengan lima (5) pilihan dengan skala pengukuran 1 sampai dengan 5. Penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SD Negeri Di kecamatan Cipete Utara Jakarta Selatan. 30 orang dijadikan sampel ujicoba instrumen dan 38 sampel untuk penelitian. Validitas ketiga instrumen diuji menggunakan formula Product Moment Pearson. Sedangkan reliabilitas instrumen dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi dan regresi linear untuk menguji hipotesis pertama, kedua dan ketiga. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, terdapat hubungan positif antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan kinerja guru di SD Negeri Di Kecamatan Cipete Utara Jakarta Selatan dengan koefisien korelasi ry1 = 0.959 dan persamaan regresi ? = 5,860 + 0,942 X1. Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kinerja guru sebesar 28,9%. Kedua, Terdapat hubungan positif antara budaya sekolah dengan kinerja guru di SD Negeri Di Kecamatan Cipete Utara Jakarta Selatan dengan koefisien korelasi ry2 = 0,963 dan persamaan regresi ? = 2,10 + 0.928 X2. Kontribusi budaya sekolah terhadap kinerja guru sebesar 23.7%. Ketiga, terdapat hubungan positif antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SD Negeri Di Kecamatan Cipete Utara Jakarta Selatan dengan koefisien korelasi ry12 = 0,968 dan persamaan regresi ? = 2,302+ 0,409 X1 + 0,537 X2. Berdasarkan pembahasan dan kesimpulan dari hasil penelitian, secara signifikan terdapat hubungan positif antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi dengan kinerja guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan maupun penurunan kinerja guru berhubungan dengan gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi. Fenomena ini berimplikasi bahwa untuk meningkatkan kinerja guru dapat dilakukan dengan upaya-upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah yang baik.