Tesis ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh
Manajemen Kelas dan kinerja Guru terhadap Hasil belajar siswa di SMP
Muhammadiyah 6 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 6
Jakarta semester genap Tahun ajaran 2020-2021. Metode penelitian yang
digunakan adalah survey kausal dengan pendekatan kuantitatif. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner dalam bentuk skala Likert. Populasi
sebagai unit analisis penelitian adalah siswa kelas VIII dan IX di SMP Muhammadiyah 6 Jakarta sebanyak 176 orang. Sampel penelitian menggunakan
teknik proportional random sampling sebanyak 123 orang. Uji intrumen dengan uji validitas pada variabel Hasil Belajar siswa terdapat 17 butir valid dari 20 butir yang diujikan, variabel Manajemen Kelas terdapat 135 butir valid dari 20 butir yang diujikan, dan variabel kinerja guru 10 butir valid dari 15 butir yang diujikan. Uji persyaratan yakni uji normalitas dengan uji One – Sample Kolmogorov Smirnov test (K-S) pada hasil belajar siswa diperoleh Asymp.sig(2-Tailed) sebesar 0,055 , Manajemen kelas diperoleh Asymp.sig(2-Tailed) sebesar 0,911 , dan kinerja guru diperoleh Asymp.sig(2-Tailed) sebesar 0,399 serta uji linearitas regresi Hasil Belajar Siswa atas manajemen kelas diperoleh probabilitas sig 0,363, hasil belajar siswa atas kinerja guru diperoleh probabilitas sig 0,081, dan kinerja guru atas manajemen kelas diperoleh probabilitas sig 0,060. Pengujian hipotesis dengan menggunakan regresi dan korelasi linear sederhana serta analisis jalur Pada uji regresi dan korelasi sederhana untuk Hasil belajar siswa atas manajemen kelas diperoleh thitung = 26,003 hasil belajar siswa atas kinerja guru diperoleh thitung = 3,911 dan kierja guru atas manajemen kelas diperoleh thitung= 4,711 pengaruh tersebut di uji dengan analisis jalur untuk hasil belajar siswa atas manajemen kelas diperoleh p sebesar 0,171, hasil belajar siswa atas kinerja guru diperoleh p sebesar 2,993, dan kinerja guru atas manajemen kelas diperoleh p sebesar 0,921 Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan manajemen kelas dan kinerja guru terhadap hasil belajar siswa di SMP Muhammadiyah 6 Jakarta
|