Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meninjau efektivitas pelaksanaan program pendidikan karakter dilihat dari variabel konteks; input; proses; dan produk; (2) mengetahui lebih jauh efektivitas pelaksanaan program pendidikan karakter di tinjau dari model evaluasi CIPP. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPP. Adapun subyek evaluasi adalah kepala sekolah, wakil kurikulum, guru mata pelajaran Al-islam dan kemuhammadiyahan, siswa, dan dokumen yang akan memberikan informasi. Obyek evaluasi adalah pelaksanaan program pendidikan karakter yang terdiri dari variabel konteks; input; proses; dan produk;.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, wawancara, checklist dan dokumentasi. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini secara umum adalah pelaksanaan program pendidikan karakter di SMA Muhammadiyah 5 Tebet Jakarta Selatan termasuk dalam kategori cukup tinggi hanya perlu dimaksimalkan lagi. Dari keempat variabel yang diteliti menunjukkan bahwa variabel konteks input , proses dan produk termasuk kategori cukup efektif dengan nilai rata-rata 81%, sehingga efektivitas pelaksanaan program pendidikan karakter yang ditinjau dari model CIPP dan mengacu pada kuadran Glickman termasuk dalam kuadran II diperoleh hasil yang positif.