Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui dan Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Sebagai Teladan dalam Pendididkan Di SDN Pondok Bambu 15 Pagi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dan dianalisa dengan pendekatan analisis deskriptif yakni menggambarkan dan menginterpretasikan arti data yang terkumpul dalam sebuah predikat yang menunjuk pada pernyataan keadaan atau pelaksanaan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pelaksanaan kepemimpinan transformasional kepala sekolah sudah berjalan dengan cukup baik, hanya saja belum sempurna. Hal ini dapat dilihat dari kepala sekolah yang dapat dijadikan teladan oleh guru dan staf, dan kepala sekolah dapat mengajarkan kepada guru dan staf untuk selalu memberikan pelayanan yang maksimal kepada siswa dan para orang tua. Berikut rekomendasi yang dapat diberikan agar implementasi kepemimpinan transformasional kepala sekolah di sekolah dapat berjalan maksimal. Pertama, Kepala sekolah hendaknya mampu memberikan perhatian kepada guru dan staf sehingga kendala yang dihadapi dapat diselesaikan dengan baik. Kedua, Kepala sekolah seharusnya mampu memberikan motivasi kepada guru dan staf untuk dapat bekerja secara optimal melalui perilaku yang dicontohkan, bukan hanya melalui perkataan saja. Ketiga, kepala sekolah diharapkan untuk lebih mampu mengatur waktu agar pelaksanaan komunikasi secara langsung dengan guru dan staf dapat lebih berjalan maksimal. Keempat, kepala sekolah seharusnya sebagai pemimpin dapat tegas dalam menjalankan peraturan dan memberikan sanksi atau hukuman kepada guru maupun staf yang melanggar peraturan tersebut.