Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang evaluasi pelaksanaan program tahfidz Al Qur’an, faktor yang menjadi hambatan dalam menghafal dan keunggulannya pada siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Kafila International Islamic School. Metode penelitian mengaflikasikan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi mendalam terhadap subjek. Teknik analisis data dalam pelaksanaan program tahfidz Al Qur’an ini adalah perspektif teori CIPP pada siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Kafila International Islamic School ini meliputi evaluasi contek, evaluasi input, evaluasi process, dan evaluasi product. Pada evaluasi conteks meliputi latar belakang program pembelajaran tahfidz Al Qur’an serta dukungan sekolah terhadap program pembelajaran tahfidz Al Qur’an. Dimana program tahfidz Al Qur’an dilaksankan agar para siswa mampu menjaga kemurnian Al Qur’an dan dapat memahami ilmu agama islam lebih luas lagi, adapun sekolah sangat mendukung dengan adanya program pelaksanaan tahfidz AL Qur’an tersebut dengan dimasukannya kedalam kurikulum sebagai muatan lokal/mulok, dan disiapkan pula dengan penyediaan fasilitas yang cukup lengkap. Evaluasi input meliputi minat siswa mempelajari dan mengahafal Al Qur’an dan guru–guru yang para penghafal Al Qur’an naik lulusan dalam dan luar negeri ternama serta besarnya dana yang menyokongnya juga kelengkapan sarana dan prasarananya. sedang evaluasi proses, kerangka berpikirnya dari fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasaan, sehingga siswa mampu mengahfal Al Qur’an dimana dilaksanakan hafalan mulai perhari , perpekan, perjuz dan sampai target persemester lima juz dan akhir dari kelulusan tiga puluh juz.dan adapun siswa yang tidak mencapai target disiapkan klinik Al Qur’an. Dan terakhir evaluasi produk, hasil dari program pelaksanaan tahfidz Al Qur’an siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Kafila International School terlihat bahwa siswa sudah mulai mengerti manfaat menghafal, mampu membaca dengan baik, mempunyai perilaku dan karakter yang baik, serta berprestasi dengan menjuarai lomba tingkat nasional baik akademik maupun non akademik.