Abstrak  Kembali
ABSTRAK NAURI. Pengaruh Profesionalitas Kepala Sekolah dan Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah Terhadap Komitmen Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri Sekolah Standar Nasional di Jakarta Barat. Tesis. Jakarta: Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah, Prof. DR. HAMKA. 2011. Penelitian yang telah dilakukan di sekolah-sekolah SMP Negeri Sekolah Standar Nasional (SSN) di Jakarta Barat memiliki tujuan dalam mendapatkan informasi tentang pengaruh dari (1) profesionalitas kepala sekolah terhadap komitmen guru (2) penerapan manajemen berbasis sekolah terhadap komitmen guru (3) Profesionalitas kepala sekolah terhadap penerapan manajemen berbasis sekolah. Hipotesis penelitian : (1) Tedapat pengaruh langsung profesionalitas kepala sekolah dengan komitmen guru, (2) Terdapat pengaruh langsung penerapan manajemen berbasis sekolah dengan komitmen guru, (3) Terdapat pengaruh langsung profesionalitas kepala sekolah dengan penerapan manajemen berbasis sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, dimana populasi dan sampel adalah guru SMP Negeri sekolah standar nasional (SSN) di Jakarta Barat, dengan teknik sampling menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam mendapatkan data variabel tentang profesionalitas kepala sekolah, penerapan manajemen berbasis sekolah dan komitmen guru adalah angket dengan menggunakan skala likert. Keterandalan instrumen dihitung dengan rumus Alpha Cronbach dengan hasil uiji coba untuk variabel tersebut adalah (a) komitmen guru R11 = 0,965 (b) profesionalitas kepala sekolah R11 = 0,940 dan (c) penerapan manajemen berbasis sekolah R11 = 0,917. Data dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, terdapat pengaruh positif yang signifikan dari profesionalitas kepala sekolah (X1) terhadap komitmen guru (X3) dengan uji coba regresi terlihat X3 = 3.383 + 1,39 X1 dengan koefisien korelasi sebesar 0,81 pada tingkat ? = 0,05, kedua, terdapat pengaruh positif yang signifikan dari penerapan manajemen berbasis sekolah (X2) terhadap komitmen guru (X3) dengan uji coba regresi terlihat X3 = 244 , 60 + 1.340 X2 dengan koefisien korelasi sebesar 0,89 di tingkat ? = 0,05, ketiga, terdapat pengaruh positif yang signifikan dari profesionalitas kepala sekolah (X1) terhadap penerapan manajemen berbasis sekolah (X2) dengan uji coba regresi terlihat X2 = 0.140 + 1.023 X1 dengan koefisien korelasi sebesar 0,73 pada tingkat ? = 0,05. Hasil penelitian ini akan berguna dalam meningkatkan komitmen guru dengan cara meningkatkan profesionalitas kepala sekolah dan menerapkan manajemen berbasis sekolah.