Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan, mengembangkan dan membuktikan pengetahuam, sedangkan tujuan khususnya adalah mengungkapkan dan menganalisis pelaksanaan program Tahfizh, prosedur penyelenggaraan, ketenagaan, sarana prasarana, proses pembelajaran, hasil dan dampak pelaksanaan program Tahfizh Al-Qur’an diPondok Pesantren Al-Qur’an Nurhasanat. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Instrument penelitian terdiri dari Pimpinan Pondok Pesantren Al-Qur’an Nurhasanat, Koordinator Tahfizh, Guru dan 2 Peserta Didik (Santri/Siswa Reguler dan Takhosus) Orang Tua Siswa, Komite Sekolah dan Tokoh Masyarakat. Teknik analisis data dengan reduksi data (memilih dan memilah data), display data (menampilkan data), mengambil kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Kesesuaian Konteks yang meliputi landasan filososfis, visi misi dan tujuan pesantren serta urgensi program Tahfizh dalam kategori sangat baik. (2) Kesesuaian input dengan standar input yang meliputi pimpinan pesantren, kurikulum program Tahfizh, rekrutmen peserta didik, karakteristik tenaga pendidik dan kependidikan, sarana prasarana, pembiayaan, hubungan masyarakat (komite) dalam kategori baik. (3) Kesesuaian proses dengan proses belajar mengajar mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dalam kategori baik. (4) Kesesuaian produk dengan standar prestasi akademik dan non akademik dalam kategori sangat baik. Kelebihan dari program Tahfizh Al-Qur’an Pondok Pesantren Al-Qur’an Nurhasanat adalah kebijakan-kebijakan program dan komitmen dalam melaksanakannya merupakan upaya menciptakan generasi yang berjiwa Qur’ani, Mandiri, Berprestasi.