Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi, mengetahui dan menemukan sejauh mana pelaksanaan program pengelolaan pendidikan Inklusif di MTsN 19 Jakarta Selatan di Tahun pelajaran 2017/2018, dalam memberikan pelayanan terhadap peserta didik berkebutuhan khusus, melalui pengelolaan manajemen pendidikan inklusi. Temuan permasalahan dalam evaluasi penelitian ini adalah Sejauh mana efektivitas pelaksanaan program pengelolaan pendidikan inklusif di MTsN 19 Jakarta Selatan dan hambatan-hambatan apa saja yang terjadi dalam pelaksanaan pengelolaan pendidikan inklusif di MTsN 19 Jakarta Selatan? Serta, faktor-faktor pendukung apa saja dalam pelaksanaan pengelolaan pendidikan inklusif di MTsN 19 Jakarta Selatan? Metode penelitian yang digunakan dalam penilitian ini adalah Triangulasi, Memperpanjang Penelitian di Lapangan, Peer Debriefing. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model CIPP (Context, Input, Processm, Product). Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pengelolaan Sekolah Inklusi di MTsN 19 Jakarta, belum terlaksana sepenuhnya sesuai dengan SOP sekolah inklusif dan belum sesuai dengan ketentuan pemerintah terkait penyelenggaraan pendidikan sekolah inklusif. Peneliti erekomendasikan dengan catatan agar Sekolah membuatkan SOP khusus untuk peserta didik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di sekolah tersebut yang sesuai dengan regulasi penyelenggaraan sekolah inklusif dan agar meningkatkan kerjasama dengan Sekolah Luar Biasa (SLB) terdekat dalam hal penanganan dan proses pembelajaran.