Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengkaji, menganalisis serta mengungkapkan prinsip-prinsip dan implementasi serta implikasi penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural di Universitas Muhammadiyah Kupang. Metode yang digunakan adalah Metode kualitatif deskriptif yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Rektor Unmuh Kupang, Pimpinan Fakultas se-Unmuh Kupang, serta perwakilan mahasiswa dari latar belakang agama masing-masing (Islam, Kristen Katolik dan Kristen Protestan). Teknik analisis data dilakukan dengan cara melibatkan tiga komponen analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Temuan penelitian ini adalah terdapat beberapa Prinsip penanaman nilainilai pendidikan multikultural di Universitas Muhammadiyah Kupang yaitu prinsip keterbukaan, toleransi, bersatu dalam perbedaan, akidah dan prinsip islam rahmatan lil ‘alamiin. Sebagai bentuk implementasinya dilakukan melalui dua pola kegiatn yaitu kegiatan multicultural knowing (pengetahuan tentang multikultural) dan multicultural action (praktek multikultural) serta implikasinya sangat positif yang di dapat dan dirasakan bagi semua Sicitivitas Akademik dan masyarakat umum dan tidak ada dampak negatif yang di alami atau di rasaakan sejak berdirinya Unmuh Kupang hingga saat ini. Hasil penelitian ini diharapkan bisa berguna sekaligus sebagai masukan kepada Pimpinan Lembaga (Rektor), Pimpinan Fakultas (Dekan) dan Mahasiswa untuk terus membenah serta terus merawat nilai-nilai multikulturl dan toleransi yang sudah di bangun sejak berdirinya Universitas Muhammadiyah Kupang hingga sampai saat ini sehingga Unmuh Kupang tetap menjadi miniatur kampus multikultural dan toleransi antar umat beragama dan bangsa.