Abstrak  Kembali
ABSTRAK SAHRUN YUSUP. Hubungan Antara Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi Sekolah Dengan Disiplin Kerja Guru pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Se-Kecamatan Tidore. Tesis: Program Pascasarjana Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jakarta 2012. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui, mengkaji, dan menganalisis adanya hubungan antara kemampuan manajerial kepala sekolah dan budaya organisasi sekolah dengan disiplin kerja guru. Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat hubungan positif antara kemampuan manajerial kepala sekolah dengan disiplin kerja guru, (2) terdapat hubungan positif antara budaya organisasi sekolah dengan disiplin kerja guru, dan (3) terdapat hubungan positif antara kemampuan manajerial kepala sekolah dan budaya organisasi sekolah secara bersama-sama dengan disiplin kerja guru. Penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi target dalam penelitian ini sebanyak 89 orang. Populasi dihomogenkan terlebih dahulu sehingga sampel yang diambil adalah khusus guru pegawai negeri sipil sebanyak 89 orang. Dengan menggunakan rumus Slovin untuk menentukan populasi terjangkau sehingga guru yang dijadikan sampel adalah 71 orang dengan sebaran SMA Negeri 1 sebanyak 41 orang dan SMA Negeri 3 sebanyak 30 orang. Dalam menentukan sampel menggunakan tehnik acak sederhana (simple random sampling). Untuk uji coba instrumen sampel yang digunakan sebanyak 30 orang guru, yang diambil diluar sampel penelitian. Uji coba dilakukan untuk mengukur tingkat validitas instrumen yang dihitung dengan menggunakan rumus Produc Moment dan mengukur tingkat reliabilitas instrumen yang dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji validitas dengan kriteria pengujian rhitung > rkritis pada = 0,05 = 0,361 maka instrumen dikatakan valid. Sesuai perhitungan hasil uji coba instrumen menunjukkan bahwa rhitung yang diperoleh lebih besar dari rkritis sehingga instrumen dikatakan valid, kecuali pada item pertanyaan/pernyataan nomor 14 dan 23 pada variabel Y, item nomor 22 dan 31 pada variabel X1, sehingga item-item tersebut selanjutnya tidak dapat digunakan dalam penelitian. Untuk uji reliabilitas kriteria yang digunakan adalah nilai Alpha Cronbach yang diperoleh pada rhitung > rtabel maka instrumen dinyatakan reliabel. Sesuai hasil uji reliabilitas dapat diketahui bahwa nilai Alpha Cronbach yang diperoleh untuk variable disiplin kerja guru rhitung = 0,937, variabel kemampuan manajerial kepala sekolah rhitung = 0,940, dan variabel budaya organisasi sekolah rhitung = 0,969. Berdasarkan pada hasil pengujian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa item-item pada semua variable dinyatakan reliabel. Untuk hasil penelitian dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: Pertama terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemampuan manajerial kepala sekolah (X1) dengan disiplin kerja guru (Y) dengan persamaan regresi ? = 38.22 + 0.67 X1, dengan koefisien korelasi ry1 = 0,75 dan koefisien determinasi D = (ry1)2 = 0,5625 signifikan pada = 0,05. Kedua terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara budaya organisasi sekolah (X2) dengan disiplin kerja guru (Y) dengan persamaan regresi ? = 62.16 + 0.56 X2, dengan koefisien korelasi ry2 = 0,60 dan koefisien determinasi D = (ry2)2 = 0,36 signifikan pada = 0,05. Ketiga terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemampuan manajerial kepala sekolah (X1) dan budaya organisasi sekolah (X2) secara bersama-sama dengan disiplin kerja guru (Y) dengan persamaan regresi ? = 21.66 + 0.53 X1 + 0.29 X2, dengan koefisien korelasi Ry12 = 0,80 dan koefisien determinasi R2 = 0,64 signifikan pada = 0,05. Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa antara kemampuan manajerial kepala sekolah dan budaya organisasi sekolah baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dapat memberi sumbangan yang sangat berarti dalam upaya meningkatkan disiplin kerja guru, sehingga diharapkan agar hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam membangun sebuah sekolah yang kuat dan mandiri demi tercapainya tujuan sekolah secara efektif dan efisien.