Abstrak  Kembali
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi: (1) Antecedents (tahapan masukan) Program Technopark di kompetensi keahlian Seni Lukis SMK Negeri 58 Jakarta , (2) Transactions (tahapan proses) dan kendala-kendala yang dihadapi Evaluasi Implementasi Program Technopark di kompetensi keahlian Seni Lukis SMK Negeri 58 Jakarta, (3) Outcomes (tahapan dampak) Program di kompetensi keahlian Seni Lukis SMK Negeri 58 Jakarta. Jenis penelitian adalah penelitian evaluatif dengan model Stake Countenance. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Beberapa tahapan yang dilakukan dalam analisis data dalam penelitian ini meliputi: koleksi data, reduksi data, display data dan verifikasi. Validasi data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pada evaluasi komponen masukan, terdapat 5 sub komponen masukan yang dinilai belum siap, 3 sub komponen yang dinilai relatif siap sesuai standar. Masing-masing sub komponen saling mempengaruhi dan menyesuaikan dalam penyelenggaraan Program Technopark (2) pada evaluasi komponen transaksi, Program di kompetensi keahlian Seni Lukis SMK Negeri 58 Jakarta telah berjalan sesuai juklak dari pemerintah hanya saja pada aspek pengelolaan Technopark kurang maksimal, 2 sub komponen belum menunjukkan kinerja yang diharapkan sehingga pelaksanaan Program di kompetensi keahlian Seni Lukis kurang maksimal. Adapun kendala-kendala dalam penyelenggaraan Program di kompetensi keahlian Seni Lukis SMK Negeri 58 Jakarta antara lain: belum adanya konsep pengembangan Technopark yang baik, pengelolaan Technopark yang masih bersifat stagnan dan belum adanya evaluasi kerja dalam penyelenggaraan Technopark, 3) pada evaluasi komponen dampak(Hasil), Hasil program Technopark ke aspek afektif (attitude kerja), aspek kognitif-psikomotorik dan belum banyak menghasilkan siswa yang berwirausaha sesuai dengan kompetensi keahliannya. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan supaya program terus dilanjutkan karena merupakan program bagi SMK, Sebagai ciri utama dari SMK adalah menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan di lingkungan sekolah.