Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi prakerin pada masa covid-19 untuk kompetensi keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 58 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan PDCA (plan, do, check, act) yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan humas DUDI, pembimbing dari perusahaan atau IDUKA, guru produktif dan peserta didik. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemetaan IDUKA untuk prakerin peserta didik SMK Negeri 58 Jakarta sudah sesuai dengan kompetensi peserta didik, sehingga peserta didik benar-benar akan merasakan bekerja di tempat yang sesuai dengan keahlian yang dimilikinya. Pelaksanaan prakerin pada masa covid-19 menggunakan media online seperti zoom meet atau google classmeet , memberikan materi dan tugas melalui e-mail dan whattsapp grup. Hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan prakerin online salah satunya adalah media laptop untuk mengerjakan tugas kurang suport bahkan ada peserta didik yang belum mempunyai laptop (tidak ada aplikasi software untuk membuat tugas). Pada prakerin online guru pembimbing lebih intens memonitoring dibandingkan saat prakerin pada masa normal, walaupun dilakukan secara online dengan media whattsapp. Prakerin online ini berdampak dapat meningkatkan IT peserta didik dan meningkatkan kreatifitas khususnya dalam membuat desain atau rancang bangun