Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan capaian program pendidikan karakter dalam pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), ekstrakurikuler dan kegiatan penerapan program pembudayaan pendidikan karakter di SDN Kosambi III.Penelitian ini menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, dan Product) sebagai alat melakukan evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif. Pengumpulan data pada proses evaluasi yaitu wawancara, observasi, studi dokumen, dan angket. Teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, wali kelas, pendidik/guru, peserta didik kelas 4, 5 dan 6 serta 9 perwakilan wali murid dari kelas 4, 5 dan 6. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan Pendidikan Karakter di SDN Kosambi III berjalan efektif dan telah memenuhi standar kriteria, namun terdapat beberapa fokus yang perlu ditingkatan diantaranya, 1) Kepala sekolah untuk membuat SK tim pelaksana tugas pendidikan karakter, 2) Guru untuk lebih meningkatkan penerapan nilai-nilai karakter dalam kegiatan keseharian di sekolah, 3) Peserta didik menjalankan program pendidikan karakter yang diadakan di sekolah dengan baik dan berpartisipasi aktif, 4) Orang tua memberikan perhatian khusus kepada anaknya dengan mendidik melalui pembiasaan bersikap dan berperilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari.