Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar operasi hitung bilangan pecahan di kelas IV SDN Kedoya Utara 01. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen yaitu dengan melakukan (treatment) dengan rancangan desain treatment by level 2 x 2. Variabel bebasnya adalah pendekatan pembelajaran dan kreativitas belajar, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Sasaran penelitian dalam populasi ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Kedoya Utara 01 yang berada di Kecamatan Kebon Jeruk Kota Jakarta Barat. Salah satu hipotesis penelitian ini adalah H1 : μ𝐴𝐴1 𝐵𝐵1 > μ𝐴𝐴2 𝐵𝐵1 ,diterima jika nilai rata-rata kelompok dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik pada siswa yang memiliki kreativitas tinggi lebih besar dibandingkan dengan pendekatan deduktif pada siswa yang memiliki kreativitas tinggi. Artinya terdapat pengaruh positif menggunakan pendekatan matematika realistik pada siswa dengan kreativitas tinggi dibandingkan dengan menggunakan pendekatan deduktif pada siswa dengan kreativitas tinggi. Teknik analisis data meliputi uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji perbedaan dibantu dengan menggunakan program excel dan SPSS versi 24. Hasil penelitian ditunjukkan dalam uji hipotesis perbedaan hasil belajar pendekatan matematika realistik dengan pendekatan deduktif menggunakan uji independent sample t test diperoleh thitung sebesar 5,842 > ttabel 2,000 dengan signifikansi 0,010<0,05. Sedangkan hasil belajar siswa pendekatan matematika realistik kreativitas tinggi dengan pendekatan deduktif kreativitas tinggi diperoleh thitung sebesar 2,360 > ttabel 2,101 dengan signifikansi 0,030 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penelitian pendekatan matematika realistik dan kreativitas belajar mempunyai pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.