Abstrak  Kembali
Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi program laboratorium IPA Madrasah Tsanawiyah Negeri 15 di Jakarta Utara. Metode evaluasi menggunakan model CIPP. Angket dikumpulkan dalam daftar checklist, observasi, dan wawancara. Analisa dalam bentuk scoring, dipersentase, dan dibuat kriteria sangat baik, baik, cukup, kurang dan sangat kurang berdasarkan parameter laboratorium yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan: 1) aspek kontek yang terdiri dari komponen organisasi dan administrasi laboratorium, lokasi dan ruang laboratorium menunjukkan rata-rat persentase 79.41% termasuk kategori baik, 2) aspek input yang menunjukkan rata-rata persentase 84.18% termasuk dalam kategori sangat baik, karena pelengkapan cukup lengkap dan di klasifikasikan berdasarkan perlengkapan fisika, kimia dan biologi, 3) aspek proses menunjukkan persentase 64.29% termasuk dalam kategori baik. Penyediaan alat dan bahan pada saat praktikum harus diperbaiki dengan dibantu oleh laboran yang pada saat ini belum dimiliki oleh madrasah, 4) Aspek produk menunjukkan persentase 79.17% termasuk kategori baik.