Hasil pendidikan karakter santri merupakan output pendidikan yang sangat
dibutuhkan demi terlahirnya generasi cerdas berkarakter. Untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan faktor-faktor penunjang yang dapat memaksimalkan hasil pendidikan karakter, diantaranya adalah perhatian kepala sekolah yang merupakan suatu bentuk kesadaran kepala sekolah untuk mengamati masyarakat sekolah sesuai dengan fungsi dan tugas pokoknya, sedangkan sikap akhlakul karimah guru merupakan tingkah laku terpuji yang melekat dalam diri pendidik yang tertanam dalam jiwanya. Sehingga
tesis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian kepala sekolah dan sikap akhlakul karimah guru terhadap hasil pendidikan karakter santri di pondok modern Darussalam Gontor se-Jawa Timur. Responden penelitian ini berjumlah 110 wali kelas di Pondok Modern Darussalam Gontor Putra 1 yang terletak di Ponorogo, Jawa Timur dan Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 yang terletak di Ngawi, Jawa Timur. Pesantren ini terkenal dengan tingkat kedisipilinannya yang tinggi. Untuk menguji hipotesis, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif inferensial dan dianalisis menggunakan teknik analisis jalur. Temuan dalam penelitian ini menghasilkan p21 = 0.425, thitung = 4.878 dan p-value = 0.000 < 0.05 yang berarti perhatian kepala sekolah berpengaruh langsung positif terhadap sikap akhlakul karimah guru. P31 = 0.243, thitung = 2.548 dan p-value = 0.006 < 0.05 yang berarti perhatian kepala sekolah berpengaruh langsung positif terhadap hasil pendidikan karakter santri. P32 = 0.291, thitung = 3.054 dan p-value = 0.0015 < 0.05 yang berarti sikap akhlakul karimah guru berpengaruh langsung positif terhadap hasil pendidikan karakter santri. Sehingga, hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh langsung positif yang signifikan perhatian kepala sekolah dan sikap akhlakul karimah guru terhadap hasil pendidikan karakter santri.
|