Abstrak  Kembali
ABSTRAK Heru Kuncahyo. Pengaruh Kreativitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi Terhadap Manajemen Kelas Guru Sekolah Menengah Atas Negeri Kecamatan Makasar Jakarta Timur. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kreativitas kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi terhadap manajemen kelas guru Sekolah Menengah Atas Negeri Negeri di Kecamatan Makasar Jakarta Timur. Hipotesis yang diuji adalah (1) terdapat pengaruh kreativitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap manajemen kelas guru, (2) terdapat pengaruh budaya organisasi terhadap manajemen kelas guru, (3) terdapat pengaruh kreativitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap budaya organisasi. Penelitian ini dilaksanakan pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Makasar Jakarta Timur, metode yang digunakan adalah metode survey kausal dengan tehnik analisis jalur. Sebagai populasi terjangkau adalah guru-guru SMA Negeri Kecamatan Makasar Jakarta Timur. Sampel diambil 77 guru dengan teknik proportional random sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner yaitu tentang kreativitas kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi dan manajemen kelas. Ketiga instrumen divalidasi dengan menggunakan rumus product moment. Hasil uji coba menunjukkan bahwa validitas butir soal untuk kreativitas kepemimpinan kepala sekolah terdapat 27 butir dari 30 butir soal, budaya organisasi 27 butir dari 30 butir soal dan untuk manajemen kelas terdapat 26 butir dari 30 butir soal. Hasil penelitian menyimpulkan beberapa hal sebagai berikut: Pertama, terdapat pengaruh kreativitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap manajemen kelas, dengan persamaan regresi X3 = 56,690 + 0,429 X1 dan koefisien korelasi r13 = 0,459 pada tingkat signifikansi 0,05. Koefisien determinasi manajemen kelas (X3) ditentukan oleh kreativitas kepemimpinan kepala sekolah (X1) sebesar 21,1% dan koefisien jalur ?31 = 0,251 > 0,05 (signifikan). Kedua, terdapat pengaruh budaya organisasi terhadap manajemen kelas dengan persamaan regresi X3 = 61,124 + 0,394 X2 dengan koefisien korelasi r23 = 0,504 pada sigifikansi 0,05. Koefisien determinasi manajemen kelas (X3) ditentukan oleh budaya organisasi (X2) sebesar 25,4% dan koefisien jalur ?32 = 0,358 > 0 05 (signifikan). Ketiga, terdapat pengaruh kreativitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap budaya organisasi, dengan persamaan regresi X2 = 30,897 + 0,692 X1 dan koefisien korelasi r12 = 0,579 pada tingkat signifikansi 0,05. Koefisien determinasi budaya organisasi (X2) ditentukan oleh kreativitas kepemimpinan kepala sekolah (X1) sebesar 33,5% dan koefisien jalur ?21 = 0,579 (signifikan). Penelitian ini menyimpulkan bahwa kreativitas kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan budaya organisasi (X2) berpengaruh langsung terhadap manajemen kelas guru (X3). Implikasi dari hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna untuk meningkatkan manajemen kelas guru SMA Negeri, melalui peningkatan kreativitas kepemimpinan kepala sekolah yang tepat dan menumbuhkan budaya organisasi yang baik. Kata Kunci: Kreativitas Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, Manajemen Kelas