Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan managemen dalam
meningkatkan mutu pendidikan di SMK Muhammadiyah 9 Jakarta, 2) Faktor
penghambat managemen dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK
Muhammadiyah 9 Jakarta, 3) Faktor pendukung dalam peningkatkan mutu
pendidikan di SMK Muhammadiyah 9 Jakarta. Penelitian ini menggunakan jenis
kualitatif deskriptif, bertempat di SMK Muhammadiyah 9 Jakarta yang dilaksanakan mulai Desember 2020 sampai Januari 2021. Subyek dari penelitian ini adalah Kepala SMK Muhammadiyah 9 Jakarta, sedangkan informan adalah peserta didik, orang tua peserta didik,pendidik dan tenaga kependidikan. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan menggunakan trigulasi sumber. Analisis data dengan model interaktif yang dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Dalam managemen peningkatkan mutu dilakukan melalui: perencanaan, pelaksanaan, pengembangan, dan evaluasi. Ada 3 unsur yang dilakukan di SMK Muhammadiyah 9 Jakarta, yaitu 1) Fokus pada pelanggan, obsesi terhadap kualitas, dan kerjasama team. 2) Faktor penghambat
manajemen peningkatan mutu pendidikan di SMK Muhammadiyah 9 Jakarta adalah tidak semua guru atau karyawan langsung menerima perubahan tersebut. 3) Faktor pendudkung peningkatan mutu pendidikan di SMK Muhammadiyah 9 Jakarta adalah kepala sekolah sebagai manajer bekerjasama dengan team peningkatan mutu dan komite sekolah dalam membina guru dan karyawan serta membuat jadwal berupa rencana strategi.
|