Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui konteks pelaksanaan Program Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Pondok Duta Cimanggis Depok, kesiapan peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, proses pelaksanaan program pendidikan karakter, dan mengetahui ketercapaian pelaksanaan program. Metode yang digunakan dalam evaluasi adalah metode kualitatif deskriptif yaitu dengan melihat data dan fakta empiris, dan model yang digunakan adalah model CIPO (Context, Input, Process, Output). Pengambilan data dilakukan secara ilmiah yang meliputi observasi, wawancara secara terstruktur, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala Sekolah, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Wakil Bidang Kepala Sarana dan Prasarana, Wakil Kepala Bidang Penanggungjawab, Komite,Orang tua dan Peserta Didik . Kemudian data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan metode triangulasi sumber, data display, dan conclusion. Kesimpulan penelitian evaluasi, bahwa yang melatarbelakangi adanya pelaksanaan program pendidikan karakter di SMP Islam Terpadu Pondok Duta Cimanggis Depok adalah adanya kebijakan Pemerintah terhadap Sekolah Menengah Pertama yang sesuai dengan kebutuhan lingkungan dan visi misi serta tujuan sekolah. Input dalam mempersiapkan kegiatan yang berupa persiapan peserta didik, Pendidik dan Tenaga Pendidik, dan Sarana Prasarana sudah sesuai dengan standar. Sedangkan dalam proses pelaksanaan program pendidikan karakter terdapat hambatan-hambatan meliputi : sarana dan prasarana serta waktu yang kurang mendukung dalam pelaksanaan pendidikan karakter. Meskipun dalam pelaksanaannya terdapat hambatan-hambatan yang muncul, pelaksanaan program pendidikan karakter di SMP Islam Pondok Duta untuk Tahun Pelajaran 2017/2018 tetap berjalan dengan optimal karena hambatan-hambatan tersebut dapat teratasi dengan baik. Implikasi dari pelaksanaan program pendidikan karakter peserta didik ini adalah untuk mengukur tingkat ketercapaian belajar peserta didik khususnya yang berkaitan dengan perilaku peserta didik. Diharapkan sekolah untuk lebih matang lagi dalam mempersiapkan program pendidikan karakter ini.