Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, menguji hipotesis penelitian dan
mengetahui: (1) Pengaruh kepemimpinan manajerial kepala sekolah terhadap
profesionalitas guru, (2) Pengaruh disiplin kerja guru terhadap profesionalitas guru, dan (3) Pengaruh kepemimpinan manajerial kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru. Hipotesis penelitian yaitu : (1) Terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan manajerial Kepala Sekolah terhadap profesionalitas guru, (2) Terdapat pengaruh langsung positif disiplin kerja guru terhadap profesionalitas guru, dan (3) Terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan manajerial Kepala Sekolah terhadap disiplin kerja guru.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dan kuantitatif. Jumlah populasi penelitian adalah guru-guru dari 14 sekolah Binaan II dan III sebanyak = 154 guru tahun pelajaran 2020-2021. Sampel penelitian sebanyak 111 guru diambil secara propotional random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan manajerial kepala sekolah terhadap profesionalitas guru, dengan koefisien korelasi (r13) = 0.891, dan koefisien determinasi (r13)2 = 0.7939, pengaruh kepemimpinan manajerial kepala sekolah terhadap profesionalitas guru sebesar 79.39%. serta koefisien jalur (ϸ31) = 0.072 Kedua, Terdapat pengaruh langsung positif disiplin kerja guru terhadap profesionalitas guru, dengan koefisien korelasi (r23) = 0.830, dan koefisien determinasi (r23)2 = 0.6889, pengaruh disiplin kerja guru terhadap profesionalitas guru sebesar 68.89%, serta koefisien jalur (ϸ32) = 0.062. Ketiga, Terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan manajerial kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru, dengan koefisien korelasi (r12)=0.831, dan koefisien determinasi (r21)2 = 0.6905, pengaruh kepemimpinan manajeial kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru sebesar 69.05%, serta koefisien jalur (ϸ21) = 0.831. Implikasi dari penelitian ini adalah: 1). Kepemimpinan Manajerial Kepala Sekolah akan mempunyai dampak yang positif, jika Kepemimpinan manajerial Kepala Sekolah dapat ditingkatkan melalui pelatihan-pelatihan manajerial dan diklat kepemimpinan, sehingga profesionalitas guru juga akan meningkat kearah yang lebih baik lagi, 2). Disiplin kerja guru akan mempunyai dampak yang positif, jika profesionalitas guru dapat ditingkatkan menjadi melalui pelatihan-pelatihan kedisiplinan
dan supervisi klinis secara periodik, sehingga profesionalitas guru juga akan meningkat kearah yang lebih baik lagi, dan 3). Kepemimpinan manajerial Kepala Sekolah akan mempunyai dampak yang positif, jika Kepemimpinan manajerial Kepala Sekolah dapat ditingkatkan melalui contoh-contoh keteladanan Kepala Sekolah yang lebih baik, sehingga disiplin kerja guru juga akan meningkat dan lebih efektif lagi.
|