Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan sumber pembelajaran alternatif Ilmu Pengetahuan Sosial berbasis novel di SMP/MTs. Penelitian ini menganalisis novel Di Kaki Bukit Cibalak Karya Ahmad Tohari untuk mengecek relevansi cerita yang terkandung dalam novel dengan Kompetensi Dasar pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di SMP/MTs. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sedangkan pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan analisis konten. Analisis konten adalah sebuah alat penelitian yang difokuskan pada konten aktual dan fitur internal media. Hal ini digunakan untuk menentukan keberadaan kata-kata tertentu, konsep, tema, frase, karakter, atau kalimat dalam teks-teks atau serangkaian teks. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik dokumentasi dan juga diperoleh melalui observasi, wawancara, analisis dokumen. Informan dalam penelitian ini adalah guru IPS dan peserta didik. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah motode pembacaan model analisis konten dan kemudian data hasil observasi, wawancara dan analisis dokumen dianalisis dengan tahapan data yang ada direduksi dipilah dan diinterpretasikan menjadi bahan-bahan pendukung maupun bahan utama dalam proses penelitian. Setelah itu data yang sudah direduksi disajikan, dan terakhir yaitu penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Adanya apresiasi positif dari guru dan peserta didik terhadap penggunaan novel sebagai alternatif sumber pembelajaran IPS; (2) Terdapat berbagai tema atau materi IPS yang terkandung dalam novel Di Kaki Bukit Cibalak Karya Ahmad Tohari yang dapat digunakan untuk pembelajaran IPS; (3) Terdapat relevansi antara konten novel dengan materi IPS yang sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) mapel IPS; (4) Terdapat berbagai nilai moral yang terkandung dalam novel yang dapat diambil pelajaran.