Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi nilai-nilai karakter pada program ekstrakurikuler Hizbul Wathan di SD Muhammadiyah 08 Plus Duren Sawit Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan evaluasi context, input, process, product (CIPP). Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi nilai-nilai karakter pada program ekstrakurikuler Hizbul Wathan dapat memenuhi nilai-nilai karakter yang ditanamkan. Perhatian terhadap aspek evaluasi; Evaluasi konteks : Kebijakan dan analisis program kebijakan ekstrakurikuler Hizbul Wathan belum dirumuskan dengan baik. Evaluasi input: Tenaga pendidik masih perlu pelatihan dan pembinaan, sarana dan prasarana berupa alat peraga masih kurang, pengelompokkan siswa menjadi kelas Athfal maupun Pengenal belum terlihat. Evaluasi proses: materi yang digunakan belum sesuai standar yang berlaku, evaluasi dan supervisi belum terencana, program harian belum terstruktur, penilaian guru dalam menentukan hasil akhir capaian peserta didik pada ekstrakurikuler Hizbul Wathan belum maksimal. Evaluasi produk: nilai-nilai karakter sudah tertanamkan, hanya sebagian kecil saja peserta didik yang kurang dalam hal kedisiplinan. Diharapkan seluruh stakeholder mempersiapkan program ekstrakurikuler Hizbul Wathan lebih matang di awal tahun agar pelaksanaan terstruktur dan terarah. Penanaman nilai-nilai karakter dilakukan bersama antara guru kelas dengan guru ekstrakurikuler agar hasil yang dicapai dapat maksimal dan menyeluruh.