Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan Gaya Kepemimpinan Demokratis (X1) dan Iklim Organisasi (X2) terhadap Disiplin Kerja Guru (X3). Hipotesis yang diuji adalah (1) terdapat pengaruh langsung positif Gaya Kepemimpinan Demokratis terhadap Disiplin Kerja Guru, (2) terdapat pengaruh langsung positif Iklim Organisasi terhadap Disiplin Kerja Guru , (3) terdapat pengaruh langsung positif Gaya Kepemimpinan Demokratis terhadap Iklim Organisasi pada tahun 2020. Populasi diambil pada tahun 2020 yang terbagi ke dalam satu Kecamatan, dengan teknik Proportional Random Sampling, terpilih 10 sekolah yang terdiri dari 134 guru. Kemudian dihitung dengan rumus Slovin maka diperoleh 100 sebagai sampel penelitian. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Instrumen divalidasi dengan menggunakan uji validasi butir dan koefisien reliabilitas dengan rumus Alpha Croanbach. Persyaratan analisis data diuji dengan normalitas dan uji homogenitas. Hasil peneitian adalah pertama terdapat pengaruh langsung positif Gaya Kepemimpinan Demokratis (X1) terhadap Disiplin Kerja Guru (X3) dengan persamaan regresi ̂= 28,886 + 0,650X1, koefisien korelasi 0,746 dan koefiisen jalur ρ31 = 0,412 pada α = 0,05 dengan koefien determinasi sebesar r2 13 =0,557 hal ini berarti sebesar 55,7% variasi Disiplin Kerja Guru dipengaruhi oleh Gaya Kepemipinan Demokratis . Kedua terdapat pengaruh langsung positif Iklim Organisasi (X2) terhadap Disiplin Kerja Guru (X3), dengan persamaan regresi ̂= 28,078 + 0,706 X2 koefisien korelasi 0,760 dan koefisien jalur ρ32 = 0,462 pada α = 0,05 dengan koefien determinasi sebesar r2 23 = 0,578. Hal ini berarti sebesar 57,8% variasi Disiplin Kerja Guru dipengaruhi oleh Iklim Organisasi. Ketiga terdapat pengaruh langsung Gaya Kepemimpinan Demokratis(X1) terhadap Iklim Organisasi (X2), dengan persamaan regresi ̂= 28,003 + 0,677 X1, koefisien korelasi 0,722 dan koefisien jalur ρ21 = 0,722 pada α = 0,05 dengan koefien determinasi sebesar r2 12 = 0,521. Hal ini berarti sebesar 52,1% variasi Iklim Organisasi dipengaruhi oleh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah