Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan disiplin kerja terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri se Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
Penelitian ini menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah 165 orang dan sampel sebanyak 117 orang guru yang tersebar di 5 (lima) SMP Negeri se Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen penelitian, sedangkan untuk sampel uji coba diajukan kepada 30 orang guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari 1 (satu) sekolah di luar sekolah dari populasi sampel penelitian.
Hasil uji persyaratan menunjukkan bahwa data dalam penelitian ini berdistribusi normal dan linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosional dan disiplin kerja terhadap kinerja koefisien korelasi sebesar 0,432 dengan p3.1 sebesar 0,386, p3.2 sebesar 0,115 dan p2.1 sebesar 0,282. Nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,187, hal ini mengandung arti bahwa pengaruh variabel X1 (Kecerdasan Emosional) dan X2 (Disiplin Kerja Guru) secara simultan (bersama-sama) terhadap variabel X3 (Kinerja Guru) adalah sebesar 18,7%. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung positif kecerdasan emosional terhadap kinerja guru dengan kadar keeratan pengaruh yang signifikan; (2) Terdapat pengaruh langsung positif disiplin kerja guru terhadap kinerja guru dengan kadar
keeratan pengaruh yang signifikan; (3) Terdapat pengaruh langsung positif kecerdasan emosional terhadap disiplin kerja guru dengan kadar keeratan pengaruh yang signifikan. Disarankan agar guru dapat selalu mengembangkan kecerdasan emosional dan meningkatkan disiplin kerja agar terwujud kinerja yang baik dengan menghasilkan output yang maksimal.
|