Abstrak  Kembali
Tujuan penulisan tesis ini adalah mengetahui strategi internalisasi kurikulum 2013 yang di aplikasikan pada tujuh tata nilai Sekolah Islam Al Ikhas dalam pembelajaran IPS. Dengan aspek-aspek meliputi: 1). Mengetahui strategi internalisasi tujuh tata nilai SMP Islam Al Ikhlas yang di aplikasikan guru pada pembelajaran IPS, 2). Mengetahui hubungan kurikulum 2013 dan tujuh tata nilai SMP Islam Al Ikhlas, 3). Mengetahui pelaksanaan implementasi tujuh tata nilai SMP Islam Al Ikhlas pada guru IPS di SMP Islam Al Ikhlas, 4). Menganalisis bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam mengimplementasikan tujuh tata nilai SMP Islam Al Ikhlas. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan mendapatkan data penelitian secara alamiah, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara berstruktur dan studi dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada kepala SMP Islam Al Ikhlas, wakil bidang kurikulum, guru IPS, koordinator bidang pendidikan YMAI, pengawas sekolah, orang tuamurid dan koordinator tujuh tata nilai SMP Islam Al Ikhlas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama strategi internalisasi tujuh tata nilai SMP Islam Al Ikhlas yang di terapkan guru IPS di katagorikan menjadi dua ranah, yaitu ranah akademik dan perilaku. Strategi secara akademik terbagi menjadi tiga indikator yaitu, perencanaan, pelaksanaan danevaluasi dalam pembelajaran IPS. Sedangkan strategi ranah perilaku yaitu, guru memberi penjelasan dengan baik, guru menegur dan memberi arahan atau motivasi kepada peserta didik pada saat pembelajaran IPS berlangsung. Kedua, hubungan kurikulum 2013 dengan tujuh tata nilai yang di terapkan guru IPS yaitu, guru mengkaitkan materi yang di ajarkan dengan tujuh tata nilai dan tujuan yang ingin di capai pada pembelajaran IPS untuk pengembangan diri peserta didik pada pembiasaan budaya sekolah. Ketiga, pelaksanaan tujuh tata nilai pada nilai disiplin, amanah, cerdas, visioner, kerjasama dan peduli cenderung lebih muncul di bandingkan dengan nilai kreatif. Keempat, faktor pendukung dalam implementasi tujuh tata nilai pada pembelajaran IPS salahsatunya yaitu, komitmen bersama dari guru dan sekolah. Sedangkan faktor penghambat yaitu, perbedaan konsep penerapan dalam pembelajaran oleh setiap guru, termasuk guru IPS. Kesimpulan pada penelitian yang telah di lakukan adalah, strategi internalisasi kurikulum 2013 pada tujuh tata nilai SMP Islam Al Ikhlas pada pembelajaran IPS yang diterapkan oleh guru IPS dilakukan dengan cara menerapkan nilai-nilai positif untuk menumbuhkan kesadaran pada diri peserta didik, dan menginternalisasikan tujuh tata nilai dalam perilaku serta pembiasaan pada saat pembelajaran IPS berlangsung, kecenderngan tujuh tata nilai yang sering muncul pada saat pembelajaran IPS di SMP Islam Al Ikhlas yaitu: disiplin, amanah dan peduli. Pihak yayasan serta sekolah belum menyusun (SOP) serta sintak secara jelas untuk penerapan tujuh tata nilai dalam proses pembelajaan. Penerapan tujuh tata nilai SMP Islam Al Ikhlas yang belum maksimal di internalisasikan oleh guru belum di monitoring dan ditindaklanjuti secara khusus oleh sekolah ataupun yayasan.