ABSTRAK Ratu Mulayanah Pengaruh Iklim Sekolah dan Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan Di SMA Negeri Sanggar 12 Jakarta Timur. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Jakarta 2012. Tesis ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh Iklim Sekolah dan Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat pengaruh langsung iklim sekolah terhadap mutu pendidikan, (2) terdapat pengaruh langsung efektivitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu pendidikan dan (3) terdapat pengaruh langsung terhadap iklim sekolah terhadap efektivitas kepemimpinan kepala sekolah. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain analisis jalur. Instrumen penelitian berupa kuesioner, pembobotan nilai pernyataan menggunakan skala Likert 1 sampai dengan 5.Uji validitas dan reabilitas dilakukan pada 30 orang responden dengan sampel penelitian menggunakan rumus slovin sebanyak 87 orang yang diambil dari guru dan karyawan sekolah SMA Negeri Sanggar 12 Jakarta Timur. Hasil evaluasi dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, terdapat pengaruh langsung dan signifikan iklim sekolah terhadap mutu pendidikan dengan persamaan regresi X3 = 67,16 + 0,598 X1 dengan koefisien korelasi rx13 = 0,602 dan koefisien pengaruh X1terhadap X3, p31 = 0,878 pada tarif nyata ? = 0,05. Kedua, terdapat pengaruh langsung dan signifikan efektivitas kepemimpinan sekolah terhadap mutu pendidikan dengan persamaan regresi X3 = 19,20 + 0,952 X2 dengan koefisien korelasi rx32 = 0,754dan koefisien pengaruh X2 terhadap X3, p32 = 0,449 pada tarif nyata ? = 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh langsung dan signifikan iklim sekolah terhadap efektivitas kepemimpinan dengan persamaan regresi X2 = 81,158 + 0,367 X1 dengan koefisien korelasi rx12 = 0,168 dan koefisien pengaruh X1 terhadap X2, p21 = 0,468 pada tarif nyata ? = 0,05. Kesimpulan: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variable iklim sekolah dan efektivitas kepemimpinan sekolah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap mutu pendidikan, artinya semakin kondusif iklim sekolah dimana para guru mengadakan interaksi belajar mengajar menjadi tugas dan tanggung jawabnya, maka mutu pendidikan pun semakin baik. Oleh karena itu, variable iklim sekolah harus di tingkatkan agar kinerja guru dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dapat meningkat yang pada akhirnya mutu pendidikan pun meningkat.
|